• Strategi Pemecahan Masalah Matematika

    Strategi pemecahan masalah matematik merupakan heuristic, karena pada dasarnya pembelajaran harus menemukan masalah sendiri. Heuristik polya membagi empat langkah penyelesaian soal atau masalah. (a) Paham apa yang diketahui dan yang ditanyakan. (b) Menyusun strrategi atau merencanakan penyelesaian. (c) Menjalankan strategi. (d) Melihat kembali dan cek dengan cara menyusun strategi baru yang lebih baik.
    Untuk memperoleh gambaran yang jelas tentang strategi pemecahan masalah berikut akan disajikan beberapa strategi pemecahan masalah yang diperkenankan (Tim Supermath 2007).
    a) Strategi Pemecahan Masalah Matematika dengan Membuat Gambar atau Model
    Srategi membuat gambar atau model digunakan untuk menyelesaikan masalah matematika dengan menampilkannya kedalam bentuk gambar atau suatu model. Gambar atau model juga berguna untuk melacak berbagai tahapan dari soal yang menggunakan berbagai langkah.
    b) Strategi Pemecahan Masalah Matematika dengan Menggunakan Rumus
    Strategi menggunakan rumus merupakan strategi pemecahan masalah yang samgat ampuh dalam menyelesaikan masalah matematika. Penyelesaian suatu soal matematika dilakukan dengan mensubstitusikn beberapaa nilai kedalam suatu rumus atau dengan memanipulasi dam memilih rumus yang tepat unruk digunakan.
    c) Strategi Pemecahan Maslah Matematika dengan Menulis Persamaan
    Menulis persamaan merupakan srategi pemecahan masalah yang menggunakan prinsip aljabar dengan huruf abjad sebagai variable untuk mewakili berbagai kuantitas dan hubungan. Biasanya huruf abjad digunakan sebagai variable untuk mewakili kuantitas yang tidak diketahui dalam suatu soal, dan hubungan-hubungan dalam soal tersebut diwakili dengan suatu persamaan atau pertidaksamaan.

0 komentar:

Poskan Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini