• Pendekatan Pemecahan Masalah



    · Pemecahan masalah merupakan bagian dari kurikulum matematika yang sangat penting dalam proses pembelajaran maupun penyelesaiannya.
    · Siswa dimungkinkan memperoleh pengalaman menggunakan pengetahuan serta ketrampilan yang sudah dimiliki untuk diterapkan pada pemecahan masalah yang bersifat tidak rutin.
    · Melalui kegiatan ini aspek-aspek kemampuan matematika menjadi penting seperti penerapan aturan pada masalah yang tidak rutin, penemuan pola, pengeneralisasian, komunikasi matematika, dan lain-lain dapat dikembangkan secara lebih baik.
    Empat Fase Penyelesaian Masalah Menurut Polya
    · memahami masalah
    · merencanakan penyelesaian
    · menyelesaikan masalah sesuai rencana
    · melakukan pengecekan kembali terhadap semua langkah yang telah telah dikerjakan
    Ada 3 hal yang perlu dipikirkan yang berkaitan dengan pemecahan masalah
    · Pembelajaran melalui pemecahan masalah
    · Pembelajaran tentang pemecahan masalah
    · Pembelajaran untuk pemecahan masalah.
    Soal yang merupakan “masalah”
    · Soal rutin biasanya mencakup aplikasi suatu prosedur matematika yang sama atau mirip dengan hal yang baru dipelajari.
    · Sedangkan dalam masalah tidak rutin, untuk sampai pada prosedur yang benar diperlukan pemikiran yang lebih mendalam.
    Strategi unuk memecahkan msalah
    · Strategi Act It Out
    · Membuat Gambar atau Diagram
    · Menemukan Pola
    · Membuat Tabel
    · Memperhatikan Semua Kemungkinan Secara Sistematik
    · Tebak dan Periksa
    · Strategi Kerja Mundur
    · Membuat Model
    · Menyelesaikan Masalah yang Mirip atau Masalah yang lebih Mudah.

    3. Pendekatan Open-Ended
    · Pembelajaran dengan Open Ended biasanya dimulai dengan memberikan problem terbuka kepada siswa.
    · Kegiatan pembelajaran harus membawa siswa dalam menjawab permasalahan denganbanyak cara dan mungkin juga banyak jawaban yang benar.

0 komentar:

Poskan Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini