• Makalah Perkembangan Teknologi Komunikasi

    I. Latar Belakang

    Penemuan teknologi dimulai sejak lebih dari satu abad yang lalu. Teknologi berkembang dari riset ilmiah yang dilakukan banyak ilmuan. Dewasa ini penemuan tehnologi banyak dilakukan oleh tim riset dari beberapa organisasi bisnis, danuniversitas-universitas. Setiap teknologi baru biasanya menggantikan teknologi yang sudah tua. Penemuan di bidang teknologi dapat memberikan kemudahan-kemudahan bagi kita, misalnya dalam melakukan pertukaran informasi, transaksi maupun transportasi. Perkembangan teknologi juga meningkatkan standar hidup manusia, meningkatkan mutu informasi, hiburan dan pendidikan. Namun penemuan baru di bidang teknologi juga dapat menimbulkan ketimpangan atau akibat buruk dan membahayakan masyarakat, misalnya penggunaan peluru kendali nuklir, gas syaraf dan senapan mesin, pengangguran, polusi dan kemacetan lalu lintas sebagai dampak penggunaan teknologi transportasi cepat dan bahaya kesehatan lainnya.
    Telekomunikasi merupakan salah satu hasil teknologi. Pada awalnya orang melakukan komunikasi verbal dengan cara berteriak satu sama lain. Tapi hal ini menghasilkan komunikasi yang buruk untuk jarak lebih dari 2 mil. Kondisi ini lalu mendorong dikembangkannya teknologi komunikasi salah satunya yaitu telepon, misalnya. Pesawat telepon telah lama dikenal sebagai salah satu sarana telekomunikasi yang sangat berguna dan merupakan alat komunikasi pertama dalam sejarah perkembangan telekomunikasi.
    Perkembangan teknologi informasi dalam hal ini teknologi transformasi data juga telah demikian pesatnya, sehingga dapat memberikan kontribusi yang sangat berarti terhadap pelaksanaan aktifitas manusia untuk berkomunikasi dari segala penjuru dunia. Berkembangnya teknologi transformasi data yang diiringi dengan perkembangan teknologi komputer baik software dan hardware telah berhasil mewujudkan suatu bentuk jaringan komputer terpadu yang bersifat global. Salah satu jaringan global yang sangat pesat perkembangannya adalah jaringan internet. Internet sebagai hasil dari teknologi komunikasi atau informasi sudah menjadi komoditi penting dalam kehidupan masa kini. Selain sebagai sarana informasi dan komunikasi internet kini mulai dimanfaatkan oleh kalangan dunia usaha sebagai media promosi, bahkan dapat melakukan kegiatan jual beli melalui internet.
    Kemampuan-kemampuan yang ditawarkan teknologi komunikasi misalnya dapat memberikan kenyamanan bagi kelangsungan transaksi bisnis. Dalam bidang pendidikan, kemajuan teknologi komunikasi dan informasi telah memberikan kesempatan yang amat luas bagi masyarakat untuk meningkatkan pengetahuan. Dengan teknologi komunikasi dan informasi memungkinkan orang belajar dengan sistem jarak jauh atau belajar dengan bantuan komputer.
    Seperti yang telah dipaparkan di atas betapa komunikasi saat ini telah mencapai generasi baru dimana manusia dapat saling berkomunikasi dengan satu sama lain dimana saja dan kapan saja. Hal ini tentu saja tidak muncul begitu saja. Pemicu dari semua ini adalah perkembangan teknologi komunikasi yang semakin harinya berkembang dengan semakin cepat. Untuk mengetahui bagaimana perkembangan teknologi komunikasi di dunia saat ini, kami akan memaparkan pengetahuan yang telah kami peroleh dalam makalah ini berkaitan dengan apa dan bagaimana teknologi komunikasi itu berkembang.
    Untuk tujuan penyederhanaan, kami membagi perkembangan teknologi komunikasi kedalam empat zaman : tulisan/menulis, percetakan, telekomunikasi, dan komunikasi interaktif.


    II. Rumusan Masalah

    Berdasarkan uraian dari latar belakang di atas, adapun rumusan masalah yang akan dibahas dalam makalah ini yaitu :
    1. Apa yang dimaksud dengan Teknologi Komunikasi?
    2. Bagaimana perkembangan Teknologi Komunikasi hingga saat ini?


    III. Tujuan

    Pada dasarnya pembuatan makalah ini bertujuan untuk memenuhi salah satu tugas terstruktur pada mata kuliah Komunikasi dan Informasi Teknologi, yang pada akhinya dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan dosen dalam memberikan penilaian. Namun adapun tujuan lain dari makalah ini yaitu :
    1. Menyampaikan informasi mengenai pengertian teknologi komunikasi dan bagaimana perkembangan teknologi komunikasi terjadi hingga saat ini berdasarkan atas apa yang telah kami pelajari.
    2. Menjadi salah satu referensi bacaan untuk rekan-rekan mengenai Teknologi Komunikasi.

0 komentar:

Poskan Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini